Aku sayang kamu SAHABAT

Manakala hidupmu tampak susah untuk dijalani ... manakala 24 jam sehari terasa masih kurang ... ingatlah akan toples mayones dan dua cangkir kopi.

Seorang professor berdiri di depan kelas filsafat dan mempunyai beberapa barang di depan mejanya. Saat kelas dimulai, tanpa mengucapkan sepatah kata, dia mengambil sebuah toples kosong mayones yang besar dan mulai mengisi dengan bola-bola golf.

Kemudian dia berkata pada para muridnya, apakah toples itu sudah penuh. Mereka menyetujuinya.

Kemudian dia mengambil sekotak batu koral dan menuangkannya ke dalam toples. Dia mengguncang dengan ringan. Batu-batu koral masuk, mengisi tempat yang kosong di antara bola-bola golf.

Kemudian dia bertanya pada para muridnya, apakah toples itu sudah penuh. Mereka setuju bahwa toples itu sudah penuh.

Selanjutnya profesor mengambil sekotak pasir dan menebarkan ke dalam toples ... Tentu saja pasir itu menutup segala sesuatunya. Profesor sekali lagi bertanya apakah toples sudah penuh
Para murid dengan suara bulat berkata, "Yes"

Profesor kemudian menyeduh dua cangkir kopi dari bawah meja dan menuangkan isinya ke dalam toples, dan secara efektif mengisi ruangan kosong di antara pasir.
Para murid tertawa.

"Sekarang," kata profesor ketika suara tawa mereda,

"Saya ingin kalian memahami bahwa toples ini mewakili kehidupanmu."

"Bola-bola golf adalah hal-hal yang penting, Tuhan, keluarga, anak-anak, kesehatan, teman dan para sahabat"

"Jika segala sesuatu hilang dan hanya tinggal mereka, maka hidupmu masih tetap penuh."

"Batu-batu koral adalah segala hal lain, seperti pekerjaanmu, rumah dan mobil."

"Pasir adalah hal-hal yang lainnya -- hal-hal yang sepele."

"Jika kalian pertama kali memasukkan pasir ke dalam toples," lanjut profesor, "Maka tidak akan tersisa ruangan untuk batu-batu koral ataupun untuk bola-bola golf. Hal yang sama akan terjadi dalam hidupmu."

"Jika kalian menghabiskan energi untuk hal-hal yang sepele, kalian tidak akan mempunyai ruang untuk hal-hal yang penting buat kalian."

"Jadi ..."

"Beri perhatian untuk hal-hal yang kritis untuk kebahagiaanmu."

"Bermainlah dengan anak-anakmu."

"Luangkan waktu untuk check up kesehatan."

"Ajak pasanganmu untuk keluar makan malam"

"Akan selalu ada waktu untuk membersihkan rumah dan memperbaiki perabotan."

"Berikan perhatian terlebih dahulu kepada bola-bola golf. Hal-hal yang benar-benar penting. Atur prioritasmu. Baru yang terakhir, urus pasir-nya."

Salah satu murid mengangkat tangan dan bertanya, "Kopi mewakili apa?"

Profesor tersenyum

"Saya senang kamu bertanya."

"Itu untuk menunjukkan kepada kalian, sekalipun hidupmu tampak sudah begitu penuh, tetap selalu tersedia tempat untuk secangkir kopi bersama sahabat...."

My Note: sederhana sekali kisah diatas, tapi aku merasa tersentuh, tulisan itu aku dapatkan disebuah milis. Mungkin sebagian dari sahabat blogger sudah membacanya. aku hanya ingin berbagi dengan kalian dan bilang betapa sahabat seperti kalian telah melengkapi hidupku yang indah. I love you guys

50 comments:

Fajar said...

indahnya persahabatan.....yang tulus...

nuansa pena said...

Kulengkapi dengan gabung disini sebagai sahabat!

elok langita said...

^______^

harus punya prioritas..tapi, masalahnya mba..elok suka bingung mana yang prioritas sama mana yang bukan.. hiks..

Herdoni Wahyono said...

Kisah yang amat menarik. Sebuah pelajaran yang amat berharga dalam mengarungi hidup ini. Alangkah bahagianya bila kita dapat menjalani hidup ini seperti apa yang tersirat dalam kisah ini. Trims sharingnya. Happy and enjoy selalu.

Noor's blog (inside of me ) said...

Terimakasih telah berbagi cerita yang penuh makna dan renungan...

Salam hangat & sehat selalu...

Ali Mas'adi said...

aku termasuk sahabat nggak..? (ngarep..)

Anak Rantau said...

Apapun makanannya, minumnya teh botol sosro.. eh salah, minumnya kopi.. hehe...
Betul sekali Sob, jika kita kehilangan bola golf, tentu kita nggak bisa main golf. Hidup terasa tak bermakna.

inge / cyber dreamer said...

sukaaaaaaaaaaaa banget mba'....
sarat akan makna dan pembelajaran ^^
thx 4 share ^^

kristiyana shinta said...

ngopi bareng nyookk,, hehhehe

siroel said...

kisah inspiratif ini pernah saya baca dmn ya???
lupa...hhihi...

Nenk nuyuy said...

Tulisannya keren banget mbaaaak...
Sahabat emang ngga ada matinyaaaaaaaa! :))

pak tani dan sang sapi said...

cukup coment....
keren... bagus... dan saya sependapat sama tulisan nya...
semua memiliki arti yang dalem banget....

aishi lely said...

harus ada prioritas utama... hmm..yup betul! ^^

Adhini said...

Indahnya persahabatan..karna sahabat akan selalu mengisi kekosongan hati..

Obrolan Blogger.com said...

Mbak, hidup memang seperti itu, harus saling melengkapi suka atau tidak, itulah warna sesungguhnya hidup ini.

dan perbedaan adalah indah, bukan suatu hal yang buruk.

dari sana kita dapat pembelajaran, dan dari sanalah akan terukur apakah kita siap dalam hidup kita, ga' jelas atau seperti apa, semuanya kembali pada diri kita. Allah telah karuniakan akal pada kita, sejauh mana kita bisa maksimalkan hal itu.

Oh ya bila sempet mampirlah ke blog ku, ada beberapa dan kita bisa share disana :
http://satriojatim.blogspot.com/
http://obrolanblogger.blogspot.com/
http://indonesiatraveling1.blogspot.com/

makasih dan salam buatmu
satrio

liza said...

tulisan kakak mengingatkan saya ada seorang sahabat :)

usagi said...

postingannya keren banget..
aku suka..izin copas ya..
mau kirim ke sahabat-sahabat ku..
via email...
salam kenal..kak..(^_^)

Skydrugz said...

wow... inspiratif banget...

:D


thanks :D

big sugeng said...

Dalam berislam kadang kita juga puas jika sudah memenuhi yang pokok2 saja, padahal masih ada sedekah sunnah, sunnah2 yang lain dan akhlaq yang baik dll

Seiri Hanako said...

suka deh...

aku juga sayang sahabatku..

(^__^)

catatan kecilku said...

Iya mbak, aku memang pernah baca dan aku juga suka banget...
Sahabatku sangat berarti bagiku dan aku pun menyayangi sahabatku... termasuk mbak Nietha..!

sapidudunk said...

mba, ada award nih buat mba.. kalau berkenan diambil ya.. makasih..

http://sapidudunk.blogspot.com/2010/06/lolita-dan-award.html

Umy Diary said...

mantap sist,,,
semuanya bener2 mengena ma umy

alice in wonderland said...

top markotOp deh... kadang aku juga suka melupakan hal yang sebenernya penting, suka workalcoholic sampai lupa segalanya

little spark said...

bagus banget Mbak ceritanya... jadi keinget kelaurga saya nih. salam kenal ya

ncan said...

ada kopi ada ide...lam knl dg nca kak..

Blogger Indonesia dukung internet aman, sehat & manfaat said...

memang indah`y bersatu i LOVe U all :D

vamos angie said...

Nice post!!!!!!
Aku suka banget nih.... ijin copas ya..buat disimpen di lappie aja kok... heheheheheeh...

Laksamana Embun said...

Indahnya sebuah persahabtan bahkan lebih indah dari sebuah cinta.. :)

rizan said...

kisah yang menarik mbak,saya belum pernah membacanya.walau terlihat sederhana,tapi sama sekali tidak terlihat kacangan.mudah dipahami,jadi pingin bisa buat kisah kya gitu.hehe

theant88 said...

mantap tenan kisahnya :D

joe said...

indahnya persahabatan....

Ladyulia said...

kereeeeeeeeeeeeeeeeeeeeen
:D

Ketawa Bersama Oby said...

oby jadi belajar banyak di sini..........
makasih yah mbak... :D

PRofijo said...

Sudah berkali-kali membaca kisah ini, namun sampai dengan saat membacanya sekarang, aku masih tersentuh......

Wibisono Arisan Blackberry said...

Yang dikatakan Sahabat sejati, sahabat yang di saat suka dan duka selalu ada untuk kita dan tak ada keinginan balas budi atas sikapnya. sukses selalu dan saya tunggu kunjungannya di website saya.thx salam persahabatan

Ayas Tasli Wiguna said...

wah bermakna sekali mbak,, aku cinta sahabatku T^T

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Sebuah illustrasi yang mantap banget...

Seti@wan Dirgant@Ra said...

Aku ijin copas dulu Nieth...
Sory banget baru sempat mapir lagi.

ardi said...

salam kenal ...makasih bacaannya,,,tukeran info blog yuk

sasmi said...

teman datang dan pergi, tetapi secangkir kopi tetap setia hingga pagi

'Ne said...

bagus sekali :-)
sahabat memang melengkapi hidup kita, selalu ada saat susah dan senang, makanya saya juga rutin nyediain waktu hang out bersama sahabat2 saya :-)
salam..

anak nelayan said...

betul betul mantaff

Naila said...

so sweet..
maksaih udah berbagi mb, mengingatkan aku kembali untuk lebih menata hidup,^^

Lina Marliana said...

ya.. aku juga pernah membacanya..
Cerita yang menginspirasi.. Nice post sist.. :)

kristiyana shinta said...

mba nitha apa kabar nih?

joe said...

persahatan bagai kepompong ...

sewa mobil said...

Article-nya sangat bagus. Sangat menyentuh. Thanks

cucuharis said...

Sayangi sahabat
indah sobat

Maaf saya baru ngeblog lagi nih hehe.
Salam persohiblogan :)

fajardesign said...

inspirational :D

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
LUMBUNGHATI © 2008. Design by :Ezyvector Sponsored by: LUMBUNGHATI.COM